Senin, 05 Desember 2011

IAI Harop

IAI Harop merupakan satu-satunya UCAV(Unmanned Combat Air Vehicle) non-AS yang sudah operasional. Harop merupakan UCAV yang paling "nyeleneh". Klasifikasi Harop sebagai UCAV pun kerap dipertanyakan. Pasalnya UCAV yang dilansir IAI (Israel Aerospace Industries) bukanlah wahana nir awak yang memboyong senjata. Justru sosok Harop sendiri keseluruhan merupakan senjata karena dilengkapi hulu ledak yang akan melumat sasarannya begitu menabrak sasarannya.

Keberadaan Harop sendiri diumumkan tahun 2009 lalu. Harop didesain untuk misi-misi SEAD (Suppression of Enemy Air Defense)-yakni menetralisir ancaman hanud lawan. Harop mengarungi kawasan udara di sekitar target, melokalisasi kemudian menjejak sasarannya lalu mencari kesempatan serta sudut perang yang pas. Selanjutnya Harop akan meluncur menukik dan menghujam targetnya.

Melihat profil misinya, Harop lebih pantas disebut sebagai rudal jelajah. Namun yang sangat membedakannya dengan rudal jelajah adalah mampu membatalkan misinya lalu kembali ke pangkalan.


SPESIFIKASI


Kontraktor Utama: IAI
(Israel Aerospace Industries)
Status: tahap awal operasional
Dimensi
Panjang: 2.5 m
Rentang Sayap: 3 m
Kecepatan: low subsonic

Jangkauan: 1.000 km
Ketinggian max.: dirahasiakanMiring


Sumber: Majalah ANGKASA, Edisi Agustus 2011 (No. 11 Agustus 2011 Th.XXI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar