Sabtu, 21 Januari 2012

Dassault nEUROn




Inilah salah satu konsep UCAV tercanggih di luar AS. Konsepnya berawal dari desain yang lahir dari program LOGIDUC (Logique de Developpement d'UCAV) alias "UCAV Developement Solution" yang diluncurkan pabrik Dassault tahun 1999 silam. Pabrikan terkemuka yang memproduksi Mirage & Rafale tersebut memanfaatkan beberapa hasil riset LOGIDUC untuk diterapkan pada jet tempur Rafale.

NEUROn sendiri merupakan seri/tahap ketiga dari program LOGIDUC. Bedanya pada tahap ini Dassault menggandeng beberapa industri dirgantara terkemuka Eropa lainnya untuk berpartisipasi. Bisa ditebak, karena urusan dana riset yang aduhai jadi masalah. Sebagai mitra utama hadir Saab (Swedia), EADS CASA (Spanyol), & Alenia (Italia). Menyusul kemudian RUAG (Swiss) & EAB (Yunani) ikut serta meski dalam porsi yang lebih kecil.




Untuk ukuran UCAV, dimensi nEUROn sudah bukan main-main lagi, mirip pesawat tempur yang ada sekarang. Mesinnya pun sudah memakai mesin sekelas jet tempur, mirip dengan apa yang dilakukan Boeing pada Phantom Ray. Walaupun dalam desainnya nEUROn dipasangi mesin Rolls-Royce Adour Mk.102 yang dipakai penempur Jaguar, pada kenyataannya kelaak pada saat terbang perdana nanti nEUROn direncanakan didorong mesin turbofan M-88 yang merupakan mesin andalan penempur Rafale.

Model skala penuh nEUROn yang sekilas miip X-45C pernah beberapa kali dipamerkan dalam beberapa ajang eksibisi. Namun rencana terbang perdana di akhir 2010 diundur menjadi 2012 disebabkan beberapa hambatan teknis. Dassault menyatakan bahwa nEUROn akan jadi basis UCAV produksi massal pabrikan tersebut yang direncanakan setelah tahun 2020.

Spesifikasi (Dassault nEUROn)




Kontraktor utama : Dassault Aviation, Prancis
Terbang perdana : 2012 (rencana)
Status : technology demonstrator
MTOW : dirahasiakan
Dimensi : (panjang 10 m - rentang sayap 12,5 m)
Kecepatan : high subsonic
Jangkauan : dirahasiakan
Ketinggian maks. : Dirahasiakan


Sumber : Majalah ANGKASA No. 11 Agustus 2011 Th. XXI
Published with Blogger-droid v1.6.7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar